GEMASTIK 2010

Posted: December 25, 2010 in Teknologi Informasi dan Komunikasi

Salah satu poin yang ditekankan dalam kompetisi pengembangan permainan adalah manfaat pada masyarakat. Tidak hanya sekedar game biasa, para finalis diwajibkan untuk memenuhi kriteria ini..Jadi semua game bisa digunakan untuk khalayak umum.

Bertempat di gedung Robotika, 85 karya berupa game terbaik se-Indonesia tersebut juga ikut dipamerkan bagi khalayak umum. Masing-masing diakui memiliki keunikan tersendiri-sendiri, sehingga cukup susah bagi orang awam untuk menentukan mana yang terbaik. Masing-masing finalis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang menekankan dari grafisnya yang dibuat sangat bagus, alur ceritanya, monolog orangnya dan lainnya.
Dari pameran pertama dalam sejarah pelaksanaan Gemastik tersebut, diharapkan akan ada masyarakat yang tahu bahwa game tidak hanya menjadi hiburan namun bisa menjadi sarana pembelajaran. Lebih dari itu, dengan adanya pameran itu juga akan ada industri atau investor yang tertarik dengan karya-karya perserta.

Di gedung robotika diselenggarakan babak final gemastik bidang game development. Diikuti oleh beberapa tim yang nantinya akan diseleksi menjadi 6 tim yang akan maju ke grand final. Setelah penjurian hari pertama terpilih 6 tim, 2 diantaranya tim enlight dengan game Akademia dan tim Gravitusphere dengan gamenya Gravitusphere. Tim-tim yang terpilih pada babak grand final ini rata-rata mempunyai kelebihan sebagai berikut :

–       Desain menarik

–       User friendly (mudah dimainkan)

–       Telah diuji cobakan kepada siswa smp dan terdapat video dokumentasi

–       Beberapa mampu multiplayer atau dapat dimainkan bersama-sama

–       Dapat dikembangkan lebih lanjut.

–       Dan kelebihan lainnya.

–       Originalitas

–       Dapat dimainkan melalui internet/web

Namun terdapat juga beberapa kekurangan, bukan hanya yang masuk grand final namun semua game yang masuk final. Antara lain :

–       Variasi soal yang diberikan cenderung sama, hanya beda angkanya saja

–       Alur cerita kurang menarik

–       Beberapa game tidak dapat kembali ke state atau level sebelumnya

–       Tidak logis sehingga membuat pemikiran siswa akan semakin salah

–       Tidak original , karakter, sistem cerita meniru dari game-game yang ada.

UI berhasil memperoleh juara umum dengan perolehan 4 emas, 0 perak, dan 0 perunggu serta juara 1 poster terbaik. Malam itu semua kontingen UI bersorak mengumandangkan Pekik UI, dengan wajah bergembira. Iya, tahun ini merupakan tahun pertama UI bisa mendapat Juara Umum Gemastik 2010.  Setelah pada tahun 2008 gelar itu diraih oleh IT Telkom dan pada tahun 2009 giliran ITB yang meraih gelar juara umum.

Adapun yang dilombakan antara lain:

salah satunya adalah :

  1. 1. Lomba Piranti Cerdas

Lomba Piranti Cerdas adalah kompetisi hasil-hasil karya penelitian ilmiah atau rekayasa pada keilmuan teknik elektro yang bertujuan untuk mendorong dihasilkannya karya-karya penelitian inovatif yang mengintegrasikan aspek-aspek desain, dari desain sistem hingga perangkat, metodologi dan implementasi. Topik-topik yang tercakup dalam lingkup Lomba Piranti Cerdas meliputi tiga bidang rekayasa :

  1. Automation Electronics Design
    Hasil desain yang dikompetisikan dari bidang automation electronics design meliputi desain-desain analog dan digital, programmable circuits and system yang ditujukan untuk mendukung sistem automation. 

    Bidang-bidang otomasi: Automation in Life Sciences & Laboratory Automation, Construction Automation, Distributed Control Systems, Health Care Delivery Engineering, Hybrid and Discrete-Event Systems, Information-Based Manufacturing, Internet Analytics and Automation, Manufacturing Systems, Networked Industrial Automation, Planning, Scheduling, and Coordination, Reconfigurable Automation Systems, RFID Application, Sensors Instrumentation and Measurement, Sensor Networks and Fusion, Service/Office/Home Automation, Run-Book Automation, Supply Chain, Logistics, and Transportation, System Modeling and Simulation, Vision in Automation, Wireless Automation, Remote Control Systems, Semiconductor Manufacturing, Automation/Assembly for Micro/Nano Technologies.

    Perangkat-perangkat otomasi yang dapat digunakan: ANN – Artificial Neural Network, DCS – Distributed Control System, HMI – Human Machine Interface, LIMS – Laboratory Information Management System, MES – Manufacturing Execution System, PAC – Programmable automation controller, PLC – Programmable Logic Controller, SCADA – Supervisory Control and Data Acquisition, Fieldbus, Simulation.

    Hasil desain yang dikompetisikan dapat direalisasi dalam bentuk: integrated circuits (ICs), systems on chips (SoCs), reconfigurable processors, platform-based atau embedded systems designs.

    Hasil desain yang dikompetisikan bisa bersifat: operational (desain IC telah dibangun dan diuji), system design (FPGA atau programmable architectures lainnya), conceptual (desain yang telah disimulasikan tetapi belum diimplementasikan).

  2. Acoustic, Speech, and Signal Processing
    Hasil desain yang dikompetisikan dari bidang Acoustic, Speech, and Signal Processing yang terkait dengan area-area berikut: Signal Processing Theory and Methods, Audio and Electroacoustics, Speech and Spoken Language Processing, Image and Multidimensional Signal Processing, Signal Processing for Communication, Sensor, Array and Multichannel Signal Processing, Design and Implementation of Signal Processing Systems, Machine Learning for Signal Processing, Bio Imaging and Signal Processing.
  3. Antenna and Propagation
    Hasil desain yang dikompetisikan dari bidang antenna and propagation mencakup topik-topik yang terkait dengan area-area berikut: 

    1. Antennas and Related Topics : Microstrip and Printed Antennas, Millimeter Wave and Sub-Millimeter Wave Antennas, Active and Integrated Antennas, Reflector/Lens Antennas and Feeds, Array Antennas, Phased Arrays and Feeding Circuits, Optical Technology in Antennas, Small Antennas, Mobile and Base Station Antennas, Adaptive and Smart Antennas, Antenna Measurements, Multiband/wideband Antennas, Slot Antennas.
    2. Propagation and Related Topics : Mobile and Indoor Propagation, Remote Sensing, Mobile Channel Characterization and Modeling, SAR Polarimetry and Interferometry, Millimeter and Optical Wave Propagation, Ionospheric Propagation, Earth-Space and Terrestrial Propagation, Radio Astronomy
    3. Systems and Other Related Topics : Biological Effects and Medical Applications, Subsurface Sensing High Power Microwave Applications, EMC/EMI Simulations and Measurements, Advanced Materials for EM Applications, Chip Level Electromagnetic Phenomena – Interconnection and Packaging, UWB and Impulse Radio RFID and Applications, Ubiquitous Network Systems, Satellite Communication Systems, Radio Technologies for Intelligent Transportation Systems.
    4. Electromagnetic Wave Theories : Complex/Artificial Media and Metamaterials, Scattering and Diffraction, Computational Electromagnetic, Wave Guiding Structures, Theoretical Electromagnetic and Analytical Methods, Periodic and Band-Gap Structures, High-Frequency Techniques, Time Domain Techniques, Inverse Problems, Microwave Circuits, Random Media and Rough Surfaces.

Contoh yang ada di gemastik 2010 adalah App. Identifikasi Golongan Kendaraan Otomatis untuk Aplikasi di Gerbang Tol. Yang dibuat oleh :

1. M. Teguh Kurniawan

2. Gede Wiryawan

3. Ranita

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis kendaraan roda empat atau lebih dengan kamera tunggal. Untuk cara kerjanya adalah dengan menggunakan system deteksi gerakan dengan menggunakan metode frame difference, dan identifikasi dengan template matching. Dalam aplikasi ini terdapat database awal jenis kendaraan. Setelah itu cara kerjanya adalah mencocokkan antara foto asli dari sebuah kendaraan dengan awalnya.

Contoh lainnya adalah Quick Porn Scanner yang dibuat oleh tim Never Ending Ways.

Semakin hari, banyak orang tua yang semakin resah akan terus tumbuhnya pornografi melalui media internet. Hal itu dikarenakan mudahnya seseorang dalam mengakses konten-konten yang berbau pornografi, baik itu di warnet, atau di tempat umum lainnya bahkan di rumah sekalipun. Tak jarang, seseorang menyimpan berbagai foto hasil surfing di dunia maya pada laptop atau komputer yang digunakannya. Aplikasi ini digunakan untuk scan gambar atau video porno yang ada di computer kita. Jadi hati-hatilah anda yang menyimpan hal yang berbau porno di computer. Suatu saat polisi akan menggunakan aplikasi ini untuk menyeret anda kedalam penjara.

  1. 2. LOMBA PENGEMBANGAN PERMAINAN

Lomba Pengembangan Game di geMasTIK adalah adu inovasi pembuatan eduGame berskala nasional di bidang pembelajaran fisika dan matematika. Materi Fisika dan Matematika yang dimaksud pada eduGame ini adalah materi yang mendukung pembelajaran matematika dan fisika yang diajarkan pada kurikulum pendidikan nasional tingkat minimal SLTP atau yang sederajat. Adapun tujuan dari pelaksanaan Lomba Pengembangan Game adalah sebagai berikut:

  1. Menanamkan kecintaan dan pemahaman terhadap matematika dan fisika melalui pembuatan eduGame bertema petualangan dengan matematika dan fisika.
  2. Mendukung program mencerdaskan kehidupan bangsa.
  3. Memajukan teknologi game di Indonesia.
  4. Menjadikan Indonesia sebagai game developer berskala Internasional.

Pada akhirnya juara 1 diperoleh tim Fatahillah dari STT Telkom dengan game Great Scientist. Game ini bergrafik 3 dimensi, karakter dan cerita yang orisinil sehingga menarik perhatian. Juara ke-2 diperoleh tim Gravitusphere dari ITS, game ini adalah game logika yang mengimplementasikan hukum-hukum fisika sepeti tumbukan, gravitasi dan kecepatan. Juara ke-3 diperoleh tim ….   Dengan gamenya ZAT. Game ini dibuat menggunakan engine flash sehingga desainnya menarik. Bergenre adventure dan mengaplikasikan hokum perubahan zat misalnya cair ke padat, padat ke gas dan sebagainya.

Untuk contoh game yang dipamerkan di gedung robotic ITS adalah :

  1. Game jelajah angkasa : Tim Teknik Informatika  ITS

Dikembangkan oleh         : – Rendi Budiman

–  Simson Partogi Situmeang

–  Rahadian Dustrian Dewandono

Ketika kita melihat pertama kali dalam banner yang dipasang didepan stan ini, mungkin serasa kita tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang game yang dibuat oleh anak ITS ini. Dalam Banner itu terpampang jelas uraian singkat tentang game yang telah dirancang oleh tim Teknik Informatika ITS. Setelah melihat langsung game yang telah disimulasikan oleh tim ini, terlihat jelas seperti apa game ini sebenarnya. Dalam game ini dibuat dengan memberikan 3 (tiga) karakter yang mirip dengan astronot, tetapi karakter ini bukan sebagai karakter yang akan dimainkan dalam game ini melainkan sebagai penanda level tingkat kesulitan game. Mulai dari level easy sampai level hard. Game ini hampir memiliki kesamaan dengan game Bounce yang sama-sama menggunakan bola dalam permainannya. Tetapi yang membedakan dengan game-game yang memiliki tipe sama dengan game ini adalah cara bermain, tutorial gamenya, background game yang dibuat seperti daerah di angkasa serta penambahan aplikasi pembelajaran dan rumus-rumus fisika SMP-SMA. Game ini didesain dengan pengaplikasian game secara penuh dalam segi fungsinya yaitu agar para gamer tidak jenuh walaupun terdapat aplikasi rumus rumus fisika.

+   Terdapat aplikasi rumus fisika SMP SMA.

Tutorial game dibuat beda dengan game game yang lain.

Tampilan dalam game ini menarik.

–    Tidak semua orang bisa menggunakan game ini, hanya untuk kalangan SMP-SMA

Grafis yang digunakan masih kurang bagus (lembut).

2. Game Treasure Spot  : Tim game bell Universitas Lampung

Game yang dikembangkan oleh tim dari universitas lampung ini berkarakter sebagai game petualangan pencarian harta karun. Model dalam game ini seperti pada game – game petualangan pada umumnya. Terdapat satu karakter yang nantinya berpetualang dan akhirnya menemui banyak rintangan dan sebagainya. Tetapi dalam game ini terdapat satu hal keunggulan daripada game yang lainnya, yaitu adanya teka teki untuk pemecahan jalan petualangannya dengan hal hal yang bersifat pengasahan kecerdasan otak. Sehingga selain sebaga hiburan game ini dapat berfungsi sebagai pengasah kecerdasan.  Game ini memiliki kekurangan dalam pemberian tutorial game pada awal saaat bermain sehingga lebih sulit untuk adaptasi untuk bermain game ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s